(manadokota.go.id) Pengurus Pusat Pertina (PP Pertina) berkerjasama dengan Polda Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado akan menggelar kejuaraan Tinju Internasional Kapolri Cup II. Kejuaran ini akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 9 Juli 2018 di Koni Sario, Kota Manado Sulawesi Utara. Acara tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Bhayangkara.

Menurut Ketua Umum Pertina Brigjen Pol Johanis Asadoma, sampai saat ini sudah 10 negara memastikan diri untuk ikut pada kejuaraan ini. Antara lain Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Jepang, Srilanka, Australia, China Taipei, dan Jordania. Sementara dari dalam negeri 20 provinsi memastikan diri ikut berpartisipasi, dengan total petinju yang akan bertanding lebih dari 200 petinju.

Kejuaraan ini akan mempertandingkan 8 kelas putra masing masing kelas 46 kg, 49 kg, 52 kg, 56 kg, 60 kg, 64 kg, 69 kg, dan 75 kg. Adapun di kelas putri akan dipertandingkan 6 kelas yaitu kelas 48 kg, 51 kg, 54 kg, 57 kg, 60 kg, dan 64 kg.

"Kejuaraan ini menjadi ajang tryout bagi petinju Pelatnas Asian Games, karena diikuti petinju-petinju dari negara-negara Asia yang akan bertanding di Asian Games Jakarta, kecuali Australia. Kita bisa mempelajari teknik-teknik dari petinju-petinju Asia yang akan menjadi lawan kita di Asian Games," jelas Asadoma.

"Kejuaraan ini memperebutkan bukan hanya Piala Kapolri dan Medali tetapi juga hadiah uang pembinaan. Untuk juara kelas, medali emas dengan hadiah sejumlah  500 USD , medali perak 300 USD, medali perunggu 200 USD," tambah Asadoma.

Lebih lanjut dikatakan Asadoma, bahwa juara umum akan mendapatkan hadiah 5000 USD, dengan demikian Total hadiah uang yg di perebutkan berjumlah 19.000 USD.

Disamping untuk memeriahkan HUT ke-72 Bhayangkara, kejuaraan ini diselenggarakan juga untuk memberikan pengalaman kepada para Petinju Indonesia bertarung dengan petinju-petinju dari luar negeri.

Tim Pelatnas Tinju Asean Games yang saat ini sedang mengikuti Pelatnas di Manado Sulawesi Utara akan di terjunkan dalam Kejuaraan ini. (EK/ES)