Memaknai perayaan Hari Guru Nasional 2019, Pemerintah Kota Manado menggelar Upacara Bendera, bertempat di alun – alun kota, lapangan Sparta Tikala, Senin (25/11) hari ini.

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), dan Perwira Upacara, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Daglan Walangitan, dalam kesempatan tersebut, Walikota membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarin.

Dimana dalam sambutan Menteri yang dibacakan Walikota, peringatan Hari Guru kali ini, Menteri menegaskan ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, Guru Indonesia yang tercinta, tugas anda adalah yang termulia namun sekaligus tersulit. Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Lanjut Walikota, yang membacakan sambutan Menteri, yakni perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah, ambillah langkah pertama.

"Besok, dimanapun anda berada, lakukan perubahan kecil dikelas anda."

- Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.

- Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar dikelas.

- Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.

- Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.

- Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

"Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," ujar Walikota dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Hadir dalam upacara tersebut, Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler CS Lakat, Forkopimda Kota Manado, Para Asisten Setda Kota Manado, Para Staf Ahli Walikota, Kepala Perangkat Daerah dan Para Camat, serta Undangan lainnya.(bag.pemhum)