(manadokota.go.id) Semangat melayani serta komitmen kuat terus ditunjukkan oleh Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, bersama Wakil Walikota  Mor D. Bastiaan, dalam kepercayaan masyarakat memimpin Kota Manado. Saat ini Pemerintah Kota Manado terus berinovasi dalam pelayanan publik diantaranya, mulai menjajaki konsep Kelurahan Cerdas Atau Smart Village.

Dengan 5 (Lima) program utama, diantaranya yakni, Smart People, (Manusia Cerdas), Smart Ekonomic (Ekonomi Cerdas/Kreatif), Smart Living (Gaya Hidup/Lingkungan Cerdas) dan Smart Informen serta Smart Goverment. “Saat ini, kami lagi melihat dan menjajaki terobosan baru, dalam pelayanan publik, yakni Konsep Kelurahan Cerdas atau Smart Village di Kota Manado, bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),” ujar Walikota.

Sementara itu, guna menindaklanjuti konsep tersebut, Pemkot Manado langsung action, Wawali yang mewakili Walikota Manado, didampingi, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, diantaranya, Kaban Bapalitbanda Kota Manado Liny Tambajong, Kadis Kominfo, Erwin Kontu, Kadis Disperkim Deysie Lumowa, dan Kabag Pem-Humas Setda Kota Manado, Sonny Takumansang, melakukan tatap muka bersama Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pendidikan Indonesia (LIPI), Prof Siti Zuhro, di Jakarta baru-baru ini. Pada pertemuan tersebut, banyak hal disampaikan oleh Siti Zuhro, tentang Kelurahan Cerdas dengan 5 Konsep diatas. Termasuk kata Prof, transformasi ke Kelurahan Cerdas atau Smart Village, merupakan permintaan yang semakin penting, selain merupakan kesempatan bagi Pemkot Manado dan Masyarakat.

Dengan munculnya teknologi digital, internet, dan teknologi mobile, transformasi ini menjadi lebih layak lagi. “Konsep Kelurahan Cerdas ini sangat bagus selain memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat, juga sebagai upaya untuk mengakselerasikan pembangunan kelurahan dengan cara meningkatkan kecerdasan, kesejahteraan dan keharmonisan warga lokal,” ujar Wawali. (bag.pemhum)