(manadokota.go.id) Menindaklanjuti kerjasama sebelumnya terkait aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan (SIMRAL) yang mulai diterapkan di kota Manado melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) kota Manado, Walikota Manado GS Vicky Lumentut didampingi Kepala Bapelitbang Manado Liny Tambayong, Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pasar Ferry Keintjem, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat Steven Runtuwene serta Kabag Organisasi Perangkat Daerah Inov Walelang, menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Unggul Priyanto di Ruang Rapat Kepala BPPT, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Kamis (05/04) pagi.

Dikatakan, selain pengembangan aplikasi SIMRAL yang telah dikerjasamakan dengan BPPT, kedepan kota Manado akan mengembangkan teknologi dengan memanfaatkan angin sebagai sumber energi listrik dan air laut yang diubah menjadi air bersih. "Teknologi ini untuk membantu masyarakat Kota Manado yang tinggal di pulau Bunaken, Manado Tua dan Siladen," tandas Walikota.

Walikota berharap, dengan teknologi yang dimiliki BPPT akan ikut membantu program Pemkot Manado dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik dan air bersih. "Sekali lagi terima kasih kepada Bapak Kepala BPPT yang terus memberikan support untuk Kota Manado," pungkasnya.

Sementara Kepala BPPT Unggul Priyanto menyatakan BPPT akan membantu penuh pengembangan teknologi di Kota Manado. "Kami siap setiap saat untuk memberikan bantuan teknologi kepada pemerintah kota Manado. Silahkan, kalau Pak Walikota Manado punya ide-ide yang ingin dikembangkan dengan menggunakan teknologi, kami siap membantu sesuai MoU yang kita tanda tangani bersama," tukas Priyanto.

(foto : Bagian Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat)