Hari Perhubungan Nasional, atau biasa disingkat Harhubnas adalah hari yang diperingati tiap tanggal 17 September setiap tahunnya. Hari perhubungan nasional ini pertama kali ditetapkan pada tahun 1971 melalui keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK.274/G/1971. Surat Keputusan yang diterbitkan pada tanggal 26 Agustus 1971 ini mengatur mengenai peringatan hari perhubungan nasional.

Hari perhubungan nasional ini ditetapkan untuk memperingati hari bakti dari setiap BUMN yang bergerak di sektor perhubungan. Sebelum ditetapkannya hari perhubungan nasional, setiap BUMN yang bergerak di sektor perhubungan merayakan hari jadi atau hari bakti mereka masing-masing di tanggal yang berbeda dan berdekatan. Mempertimbangkan waktu dan biaya, perayaan yang berdekatan untuk merayakan hal yang nyaris sama dianggap tidak efisien. Oleh karena itu, pada tahun 1971 ditetapkan peringatan hari perhubungan nasional untuk menyatukan peringatan hari bakti seluruh BUMN yang bergera di bidang transportasi.

Walikota Manado G.S Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan, bersama seluruh jajaran pemerintah kota manado mengucapkan selamat Hari Perhubungan Nasional 17 September 2019.