hari ini 10 November 2018 tepat peringatan hari pahlawan yang jatuh pada setiap tanggal 10 November untuk memperingati pertempuran besar yang terjadi di Surabaya pada tahun 1945. Ada banyak tentara dan milisi Indonesia saat itu berperang melawan Britania raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

sedikit cerita tentang sejarah perang besar yang terjadi di Surabaya saat itu adalah perang pertama indonesia melawan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan indonesia dan menjadi salah satu perang terbesar sepanjang sejarah kemerdekaan indonesia. Pada tanggal 1 Maret 1942 jepang datang ke pulau jawa dan 7 hari kemudian pada tanggal 8 maret 1942 pemerintah kolonilal belanda menyerah kepada jepang dan menyerahkan pulau jawa kepada jepang tanpa syarat di sebut sebagai perjanjian kalijati. Jepang kemudian menyerah tanpa syarat ketika sekutu menyerang nagasaki dan hirosima 3 tahun kemudian dengan bom atom. Setelah kekalahan jepang pemerintah indonesia mencoba melucuti senjata-senjata jepang maka banyak pertempuran yang terjadi saat itu dan memakan banyak korban di daerah-daerah. Pada tanggal 25 oktober 1945 tentara inggris mendarat di surabaya sebagai sekutu (ANFEI) Allied Forces Netherlands East Indies. Indonesia saat itu tahu bahwa inggris mempunyai misi selain itu yaitu membawa kembali indonesia kepada belanda sehingga memicu rakyat Indonesia melawan tentara-tentara asing di berbagai daerah di Indonesia.

seorang bernama Brigadir Jenderal Mallaby pengganti dari Mayor Jenderal Robert Mansergh mengeluarkan ulimatum bahwa semua pimpinan dan warga indonesia yang mempunyai senjata harus melapor dan meletakan senjatanya dan menyerahkan diri dengan tangan di atas dan batas ultimatum pada jam 06.00 pagi tanggal 10 November 1945. Tentu saja di tolak oleh pihak Indonesia karena pada saat itu republik Indonesia sudah berdiri. Pada 10 november pagi tentara inggris mulai melancarkan serangan dan mendapatkan perlawanan dari milisi indonesia. Ada beberapa tokoh selain Bung Tomo yang pada saat itu berpengaruh dalam menggerakan rakyat surabaya pada saat itu dan masyarakat pada waktu itu lebih mempercayai kyai-kyai/ulama dari pada pemerintah. perlawanan indonesia makin teratur dan itu berlangsung sekitar tiga minggu lamanya. Sekitar 6000 - 16000 pejuang dari pihak indonesia tewas dan korban dari pihak inggris sekitar 600-2000 tentara. Pejuang-pejuang indoensia banyak yang gugur saat itu mereka layak di sebut sebagai pahlawan Indonesia, pada tanggal 10 november ini kemudian dikenang dengan hari Pahlawan setiap tahunnya di Indonesia. Hari nasional ditetapkan melalui Keppres no. 316 tahun 1959 tanggal 16 desember 1959.

Itulah sedikit cerita tentang sejarah hari pahlawan indonesia maka dari itu, pemerintah Kota Manado mengucapkan selamat hari pahlawan 10 november 2018 dan Mari kita mengeningkan cipta selama 60 detik secara serentak pada pukul 08.15 waktu setempat untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur. Semangat Pahlawan di Dadaku.

KITA INDONESIA.

(KR)