(manadokota.go.id) Sebanyak 11 Lurah baru bersama 16 Kepala Bidang, 2 Sekretaris Kecamatan (Sekcam) dan 91 pejabat eselon IV dilantik Wakil Walikota (Wawali) Mor D Bastiaan atas nama Walikota GS Vicky Lumentut dalam acara pemberhentian dan pengangkatan pejabat pengawas dan pejabat administrator dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Kamis (14/09) sore.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Walikota Manado yang dibacakan petugas dari Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Manado. Dimana, beberapa ‘lurah lama’ yang sebelumnya diganti mendapat posisi baru, bahkan ada yang kembali memegang jabatan lurah di kelurahan lain.

Walikota dalam sambutan yang disampaikan Wawali, mengatakan rolling jabatan merupakan hal yang biasa dalam sistem birokasi yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pengingkatan layanan publik kepada masyarakat Kota Manado.
Selain itu, berdasarkan visi dan misi Kota Manado untuk mewujudkan Manado Kota Cerdas, membutuhkan aparatur yang Cerdas.

“Pemberhentian dan pengangkatan pejabat pengawas dan pejabat administrator dilingkungan pemerintah Kota Manado adalah hal biasa. Ini dilakukan untuk menciptakan pemerintahan yang akuntabel serta meningkatkan layanan publik kita kepada masyarakat. Untuk mewujudkan Kota Cerdas, maka harus dimulai dari manusia Cerdas,” ujar Walikota Vicky Lumentut, seperti dikatakan Wawali Mor Bastiaan.

Lanjut dikatakan, jabatan merupakan pemberian kepercayaan dari pimpinan. Sehingga, dalam mengemban jabatan, seorang pejabat harus menunjukan loyalitas serta menjadi pemimpin yang baik bagi bawahannya.

“Profesionalisme kerja harus dibangun, karena jabatan yang diberikan semata-mata karena adanya kepercayaan pimpinan. Olehnya, bekerjalah dengan baik dan profesional, jadilah pemimpin yang mampu bekerja dan menjadi teladan bagi bawahannya. Pemimpin yang baik memahami kelebihan dan kekurangan, profesional dalam tugas dan kerja, Mari, jalanilah tugas dengan sebaik-baiknya,” tandas Walikota Vicky Lumentut lewat Wawali Mor Bastiaan.

Disamping itu, Walikota Vicky Lumentut mengingatkan, selaku ASN di Pemkot Manado harus memahami dan melaksanakan Komitmen 953 yakni 9 Paham, 5 Siap dan 3 Semangat.

“Sekali lagi, bekerjalah dengan baik serta jaga integritas. Harus memahami, menguasai Komitmen 953, dan dilaksanakan komitmen itu dalam melayani masyarakat. Mari kita wujudkan Manado Cerdas Manado Rukun,” pungkas Walikota Vicky Lumentut melalui Wawali Mor, seraya menyampaikan selamat kepada pejabat yang baru dilantik sambil berharap ada peningkatan kinerja pada bidang kerjanya. Tampak hadir dalam acara tersebut sejumlah kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkot Manado. (bag,pemhum)