(manadokota.go.id) Walikota Manado G.S Vicky Lumentut menghadiri apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Samrat 2018 di halaman Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulawesi Utara (Sulut), jalan Bethesda Manado, Rabu (19/09) pagi.

Apel dipimpin Kapolda Sulut Brigjen Pol Bambang Waskito dengan mengangkat tema Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Samrat 2018, Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam rangka Mewujudkan Keamanan dalam Negeri yang Kondusif guna Mensukseskan Pemilu Presiden/Wapres dan Legislatif 2019.

Menurut Kapolda Sulut, pelaksanaan Operasi Mantap Brata Samrat tahun 2018 merupakan bentuk tanggung jawab kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam melakukan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta pengamanan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden/Wakil Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019.

“Dalam kacamata Kamtibmas, maka perebutan suara Pilpres dan Pileg akan menjadi suatu ancaman gangguan atau potensi gangguan keamanan. Maka, digelarlah Operasi Mantap Brata ini antara TNI, Polri dan sejumlah pihak terkait, guna bisa mencegah gangguan kamtibmas serta mensukseskan hajatan Nasional Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif,” ujar Kapolda.

Operasi Mantap Brata Samrat 2018 digelar mulai 20 September 2018 sampai 21 Oktober 2019 di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara itu, Walikota Vicky Lumentut mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mendukung penuh upaya yang dilakukan aparat keamanan melalui Operasi Mantap Brata Samrat 2018.

“Selaku pemerintah di Kota Manado, kami tentunya memberikan support dan dukungan kepada aparat keamanan kita, polisi dan TNI, dalam melakukan pengamanan di wilayah Indonesia khususnya di Kota Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya,” tukas Walikota Vicky Lumentut.

Walikota Vicky Lumentut meminta warga Kota Manado untuk ikut berpartisipasi menjaga keamanan lingkungannya masing-masing. Bahkan, warga diimbau agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan serta waspada terhadap berita hoax yang memecah belah kehidupan masyarakat.

“Mari kita bantu polisi dan TNI kita dalam menciptakan suasana yang aman dan nyaman di lingkungan kita. Mari jaga keamanan bersama. Jangan mudah terprovakasi dengan berita-berita atau kabar yang tidak benar atau hoax. Karena, Kota Manado adalah kota yang rukun, kota yang menjunjung tinggi toleransi meski berbeda suku, agama, ras dan antar-golongan,” pungkas Walikota Vicky Lumentut, didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Kota Manado Peter KB Assa dan Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene. (bag.pemhum)