(manadokota.go.id) Wakil Walikota (Wawali) Manado Mor D Bastiaan mewakili Walikota Vicky Lumentut menghadiri acara Gebyar UKM Indonesia 2018 Manado dengan tema UKM Jaman Now, di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Jalan 17 Agustus Manado, Selasa (13/11) siang.

Acara yang dihadiri Direktur Utama (Dirut) Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Smesco Emilia Suhaimi mewakili Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia serta Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam sambutannya yang disampaikan Dirut LLP-KUKM mengatakan, Gebyar UKM Indonesia 2018 merupakan program pemerintah pusat untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

“UKM adalah program strategis Pemerintah yang bertujuan antara lain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, dengan membangun kewirausahaan lokal sehingga dapat terwujud kesejahteraan indonesia yang berdampak pada peningkatan lapangan kerja dan penurunan angka kemiskinan,” jelas Menkop UKM.

Dikatakan, program tersebut dapat terwujud dengan adanya dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah serta perbankan dan UKM termasuk usaha besar. Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan sekarang ini pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota di Sulut, sedang bekerja keras membangkitkan industry pariwisata. Olehnya, UKM sangat diperlukan dalam menopang industri pariwisata.

“Tanpa ada UKM, tidak akan sukses juga. Karena para turis yang datang tentunya menginginkan suatu oleh-oleh untuk mereka bawa pulang ke negara mereka nanti. Untuk itu, peran UKM sangat penting,” tandas Gubernur.

Terpisah, Wawali Mor Bastiaan menegaskan Gebyar UKM Indonesia 2018 Manado ikut berdampak pada UKM di Manado. Dimana, sebagai ibukota Provinsi Sulut, Manado merupakan pintu gerbang masuknya pariwisata ke daerah Nyiur Melambai ini.

“Ini tentunya sangat bermanfaat bagi UKM kita di Manado,” pungkas Wawali Mor Bastiaan, didampingi Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Robby Mottoh.

Acara diwarnai dengan penganugrahan ICSB Presidential Award. Kota Manado menjadi salah satu penerima penghargaan yang diterima Kepala Dinas Koperasi dan UKM Hendrik Warokka. Usai penganugerahan dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi "UKM JAMAN NOW".

Tampak hadir Chairman PT KSB Indonesia Hermawan Kartajaya, dan sejumlah kepala daerah yang ada. (bag.pemhum)