(manadokota.go.id) Keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot} Manado di bawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan dalam program pembangunan dibidang kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Olehnya, bertepatan dengan rangkaian pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 yang dipusatkan di Kota Manado, Walikota menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan dibidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Penghargaan itu diserahkan Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mewakili Presiden Joko Widodo, dalam acara Temu Prestasi KKBPK yang diselenggarakan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Jumat (06/07) malam karena dinilai berhasil membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program Kependudukan dan Keluarga Berencana melalui pembentukan kelembagaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, APBD peningkatan pembentukan Kampung KB dan PIK Remaja, pembangunan Rumah Pintar, bedah rumah sehat, pemberian beasiswa kepada mahasiswa, dan pelayanan kesehatan gratis sehingga menurunnya jumlah keluarga miskin mencapai TFR 2.7 persen di Kota Manado.

Penyerahan penghargaan Satya Lencana Pembangunan kepada Walikota karena dinilai program KKBPK di Kota Manado berjalan dengan baik. Apalagi, program KKBPK ini merupakan salah satu bukti konsentrasi pemerintah dalam pembangunan yang dipengaruhi oleh kuantitas dan kualitas penduduk.

Hal ini sejalan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, sehingga BKKBN sebagai Lembaga Non Kementerian diberikan tugas untuk menyelenggarakan urusan di bidang Pengendalian Penduduk dan Pembangunan Keluarga. Salah satu sumber kesuksesan program KKBPK di Kota Manado yakni adanya Penyuluh KB, Petugas Lapangan KB dan para Tenaga Penggerak Kelurahan.

“Selaku Walikota Manado tentunya saya bersyukur mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia yang diserahkan Ibu Menko PMK Puan Maharani. Tentunya, penghargaan ini merupakan bukti kerja keras dan kerja Cerdas serta keseriusan kita bersama, baik pemerintah dan masyarakat di Kota Manado khususnya dalam program pembangunan di bidang kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Sekali lagi, terima kasih untuk dukungan masyarakat dan semua stakeholder di Kota Manado,” ujar Walikota yang turut didampingi istri tercinta Julyeta Runtuwene yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK Puan Maharani mengatakan program KKBPK sebagai program dasar pembangunan yang berbasis Keluarga, menjadikan Keluarga sebagai sasaran utama.

“Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup yang layak, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota dan antara keluarga dengan masyarakat dan lingkungannya,” tandas Menko Puan.

Dikatakan, salah satu syarat yang harus dikembangkan dalam keluarga untuk menjadi bahagia dan sejahtera adalah setiap keluarga harus mampu menghayati, memiliki dan berperan sesuai fungsi keluarga agar menjadi keluarga berkualitas.

Selain Walikota Manado, penghargaan juga diberikan kepada sejumlah kepala daerah Gubernur, Walikota dan Bupati yang diundang dalam Harganas ke-25 di Kota Manado ini. Acara yang berlangsung penuh kekeluargaan tersebut, dihadiri pula Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Pusat dr Sigit Priohutomo, Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Kepala BKKBN Provinsi Sulut Theodora Pandjaitan serta sejumlah pejabat lainnya.(bag.pemhum)