Pemerintah Kota Manado, menggelar upacara bendara peringatan Ke - 71 Hari Bela Negara Tahun 2019. Walikota Manado, Vicky Lumentut, selaku inspketur upacara. Bertempat di alun alun kota, lapangan Sparta Tikala, Kamis (19/12).

Walikota, dalam upacara tersebut, membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo, mengajak kita semua untuk menaikkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmatNya karena kembali kita boleh memperingati Hari Bela Negara ke - 71 pada Tahuh 2019 ini. Semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukittinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul-menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan eksis untuk selama-lamanya. Ditambahkan Walikota, dewasa ini, kita sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya.

" Sebagai diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekadar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI," ujar Walikota. Salah satu berkah yang telah mengartakan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan nilai dasar negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia yang paripurna. " Inilah landasan prioritas bela negara untuk pembangunan SDM Unggul yang diarahkan kepada perwujudan Manusia Indonesia Paripurna berdasarkan Pancasila,"Ucap Walikota kembali.

Hadir dalam upacara Bela Negara Tersebut, Ketua DPRD Kota Manado, Aaltje Dondokambey, Sekretaris Daerah kota Manado, Micler CS Lakat, Forkopimda Kota Manado, Para Pejabat Eselon II dan III, ASN, THL dan Kepala Lingkungan di lingkup Kota Manado.