(manadokota.go.id) Buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah dalam rangka Safari Ramadhan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dengan pemerintah dan masyarakat di Kecamatan Bunaken, dilaksanakan di Masjid At-Taubah, Kelurahan Bailang Lingkungan VI, dihadiri Walikota GS Vicky Lumentut, Senin (21/05) sore.

Dalam sambutannya, Walikota mengajak umat Muslim di kota Manado untuk memperbanyak berbuat kebaikan di bulan suci Ramadhan. Sehingga, saat merayakan Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim akan memiliki kemenangan yang besar karena mampu menghadapi cobaan selama berpuasa. “Saya mengajak umat Muslim di Kota Manado, mari kita perbanyak amal dan berbuat kebaikan ditengah masyarakat selama bulan Ramadhan ini. Jauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang jahat dan tidak direstui Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Walikota.

Menghadapi peristiwa terorisme yang terjadi di Indonesia khususnya di Surabaya, Jakarta dan Riau, Walikota Vicky Lumentut menegaskan pemerintah telah mengambil langkah untuk melakukan pengawasan kepada orang yang tidak jelas keberadaannya, dengan razia Kartu Tanda Penduduk (KTP) di tempat kos, penginapan, losmen maupun hotel. “Saya mohon maaf, jika ada diantara kita yang pernah di razia KTP. Ini adalah langkah yang kita ambil selaku pemerintah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi-aksi terorisme. Sekali lagi, saya mohon maaf kalau ada yang pernah mengalami peristiwa tak mengenakan yang dilakukan petugas terpadu dari Pemkot Manado, KODIM maupun Polresta Manado,” jelas Walikota.

Olehnya, Walikota meminta warga kota Manado tanpa memandang berbagai perbedaan untuk bersatu melawan terorisme. “Mari kita bersatu dan saling mendoakan agar kota Manado terhindar dari aksi-aksi terorisme yang banyak membawa korban dan mengesampingkan nilai-nilai kemanusiaan,” tandas Walikota.

Sebelum sambutan, hikmat puasa dalam bentuk tauziah disampaikan Imam Masjid At-Taubah Bailang H Baramuli Katili yang mengedepankan sinergitas pemerintah dan tokoh agama dalam membangun kota Manado. “Kami juga berterima kasih atas perhatian yang besar Bapak Walikota Manado yang melaksanakan buka puasa bersama di Masjid At-Taubah. Ini adalah buka puasa pertama sejak 20 tahun tidak pernah ada pemerintah melaksanakan buka puasa di masjid ini,” ujar Katili.

Dalam kesempatan itu, Walikota menyerahkan santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada kaum dhuafa.

Tampak hadir Dandim 1309 Manado Letkol Inf Arif Harianto, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Manado Rum Usulu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Manado Irwan Musa, unsur Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manado, serta tokoh masyarakat dan para pejabat dilingkup Pemkot Manado. (bag.pemhum)