(manadokota.go.id) Nama Kota Manado kembali bergaung didunia internasional menyusul Call Center Manado Siaga112, menjadi salah satu finalis dalam ajang kompetisi Contact Center World Global 2018 di Praha, Republik Ceko, Senin (05/11).

Keberhasilan Call Center Manado Siaga112 menembus tingkat dunia setelah dinyatakan sebagai Call Center terbaik se-Asia Pasifik yang dilaksanakan di Makau, Cina. 

Olehnya, Wakil Walikota Mor D Bastiaan mewakili Walikota GS Vicky Lumentut, diundang sekaligus menjadi salah satu pembawa materi dalam acara 13th annual 2018 Best Contact Center Practices, yang digelar di Prague Marriott Hotel, Praha, Republik Ceko.

Call Center Manado Siaga112 dinilai memiliki layanan panggilan darurat bertaraf internasional. Sehingga, Contact Center World (CCW) tak ragu memberikan penghargaan dan menempatkan Manado pada kategori Best Service Center.

“Saya mewakili Pak Walikota untuk menghadiri acara internasional yang diselenggarakan oleh Contact Center World di Kota Praha, Republik Ceko. Tidak hanya diundang tetapi juga membawakan presentasi mengenai Call Center Manado Siaga112,” jelas Wawali Mor Bastiaan.

Dikatakan, setelah dilakukan penilaian terhadap Call Center finalis dari berbagai negara, hasilnya akan diumumkan pada tanggal 9 November 2018.

Seperti diketahui, sejak dilaunching pada 6 Desember 2017, Call Center Manado Siaga112, mendapat perhatian serius komunitas CCW. Ujung-ujungnya, CCW memberikan penghargaan sebagai layanan terbaik di kawasan Asia Pasifik. Komunitas CCW merupakan jejaring asosiasi global Contact Center yang bertujuan berbagi, berjejaring, dan pembelajar profesi Contact Center. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan perwakilan CCW di Indonesia Grace Heny, di Oakwood Premier Cozmo, Jakarta, pada tanggal 14 April 2018.

Bahkan, Kota Manado mendapat kesempatan menjadi finalis berbagi Studi Kasus Manado Siaga112 di Makau, 16-20 Juli 2018. Dalam pidato berbahasa Inggris mewakili Walikota Vicky Lumentut, Wawali Mor Bastiaan mengatakan dibangunnya Call Center Manado Siaga112 tujuannya untuk membantu masyarakat Kota Manado mendapat layanan darurat dengan cepat. Sehingga, dengan ditetapkannya Call Center Manado Siaga112 sebagai Best Service Center mewakili kawasan Asia Pasifik merupakan suatu kehormatan bagi Kota Manado.

“Kami tentunya tidak pernah menyangka bisa seperti ini dikancah internasional. Sebenarnya, dibangunnya Call Center di Manado untuk memberikan layanan darurat secara cepat. Dengan memiliki fasilitas Call Center saja, kami sudah bersyukur bisa membantu masyarakat Manado,” ujar Wawali Mor Bastiaan.

Layanan Call Center Manado Siaga112 merupakan inisiatif Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia sejak tahun 2016 lalu. Selain Manado, Call Center 112 juga dimiliki Surabaya, DKI Jakarta, Tangerang, Batam, Depok, Bogor, Bandung, Solo, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Mataram. (bag.pemhum)