(manadokota.go.id) Bantuan kemanusiaan peduli bencana gempa dan tsunami Palu, Sigi dan Donggala tahap dua dari Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, akhirnya tiba di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), setelah menempuh perjalanan darat sekira 30 jam.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan Kepala Dinas Sosial Kota Manado Sammy Kaawoan atas nama Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan, diterima Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said atau akrab disapa Pasha Ungu, Senin (08/10) pagi.

“Saya bersama teman-teman pejabat dari Kota Manado diutus Bapak Walikota Vicky Lumentut dan Wakil Walikota (Wawali) Mor Bastiaan, untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan dan kepedulian pemerintah dan masyarakat Kota Manado bagi korban bencana di Kota Palu, termasuk di Sigi dan Donggala,” ujar Kadis Sammy, sambil menyerahkan paket bantuan secara simbolis.

Dijelaskan Kadis Sammy, bantuan yang diberikan bagi korban bencana gempa dan tsunami di Sulteng, merupakan hasil penggalangan bantuan yang dikumpulkan Pos Komando (Posko) Peduli di Kantor Walikota Manado.

“Ini adalah bantuan tahap kedua, setelah tahap pertama yang diantar BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Manado. Nantinya, ada juga bantuan tahap ketiga yang saat ini sedang dikumpulkan di Posko Peduli di Kantor Walikota Manado,” tukas Kadis Sammy, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Deasy Lumowa, Kepala Dinas Perindag Maisye Wolah, Kepala Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Nora Lumentut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Philips Sondakh, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Xaverius Runtuwene serta Staf Ahli Walikota Manado Atto Bullo.

Wawali Palu Sigit Purnomo Said menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Kota Manado yang telah ikut membantu meringankan beban korban bencana di Kota Palu maupun Sigi dan Donggala.

“Terima kasih saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Palu kepada pemerintah dan masyarakat Kota Manado yang telah ikut membantu menyalurkan bantuan bagi kami. Bantuan ini sangat berharga ditengah upaya pemulihan korban bencana gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan sekitarnya,” tandas Wawali Sigit Purnomo Said, seraya menyampaikan salam dan hormat untuk Walikota Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan.

“Salam saya dan Pak Hidayat Walikota Palu untuk Pak Walikota Vicky dan Wakil Walikota Pak Mor, terima kasih untuk perhatian dan kepeduliannya kepada kami,” tukasnya.

Seperti diketahui, rombongan bantuan kemanusiaan Pemkot Manado untuk Palu, Sigi dan Donggala, dilepas Walikota Vicky Lumentut bersama Wawali Mor Bastiaan dan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Manado Peter KB Assa di halaman Kantor Walikota Manado, Sabtu (06/10) lalu.

Selain bahan kebutuhan pokok, pakaian dan obat-obatan, Pemkot Manado menyertakan 50 orang tim relawan yang terdiri dari Tagana (Taruna Siaga Bencana), tenaga kesehatan, Satpol PP, serta tenaga dari BPBD Manado. (bag.pemhum)