Arahan Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan pada berbagai kesempatan agar setiap Kepala Perangkat Daerah  di jajaran Pemerintah Kota Manado melahirkan terobosan dalam bentuk Inovasi terutama dalam meningkatkan Layanan Publik, mulai mendapat respons positif dari Aparatur Sipil Negara. Menyusul e-DevPlan Bappeda, Qlue, IP CCTV, Lapor, satu persatu inovasi aplikasi layanan publik pun bermunculan.
 
Salah satu inovasi penting dalam layanan publik melalui Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJP) dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Manado melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Inovasi Aplikasi Cerdas Pakar Report yang dilaunching bersamaan dengan pembukaan Rapim EPRA (Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran) Pemkot Manado yang digelar di Aula Serbaguna Pemkot Manado, Selasa 31/01, diperkenalkan oleh Ketua LPSE sekaligus Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Manado, Stery V. Akay, S.H.
 
“Supervisi yang dilaksanakan melalui Program SIPS CIDA KPK beberapa tahun lalu di mana Bagian Administrasi Pembangunan diikutsertakan, kini mulai menampakkan hasilnya. Didorong oleh motivasi Bapak Walikota dan Wakil Walikota Manado agar kami melahirkan Inovasi yang dapat meningkatkan kinerja layanan publik dalam rangka pencapaian Visi Manado Kota Cerdas tahun 2021, maka kami telah melaksanakan kerjasama dengan LPSE Jawa Barat, dan dengan bangga kami perkenalkan Aplikasi Cerdas Pakar Report, sambal memohon perkenaan Bapak Plt Sekretaris Daerah Kota untuk melaksanakan Launching,” ujar Kabag Akay di hadapan Forum Rapim EPRA.
 
Aplikasi Cerdas Pakar Report sendiri merupakan salah satu aplikasi yang dapat diakses oleh publik yang dikembangkan untuk membantu pengelola LPSE dalam memonitoring pendaftaran dan pencarian informasi penyedia, membantu layanan pengguna,serta menciptakan backup database dan backup data.
 
Aplikasi ini bermanfaat untuk mendapatkan data monitoring dan evaluasi lelang PBJP melalui LPSE Kota Manado secara update, Memperoleh rekap PBJP per tahun, per kategori lelang, per sumber dana, serta dapat mengetahui efisiensi PBJP secara update, termasuk mengetahui jumlah penyedia barang/jasa (vendor). Dari aplikasi ini dapat diketahui jumlah penyedia atau vendor di Pemkot Manado berjumlah 4188 penyedia, dan berhasil melakukan efisiensi anggaran sebesar 433 juta dari 2 paket lelang yang dilaksanakan di awal tahun 2017.
 
Mengingat server Pemkot dalam pemeliharaan Cerdas Command Center, untuk akses dapat dilihat pada alamat website : report.lpse.manadokota.go.id, dengan IP Adress : 118.97.255.211.
 
Menariknya dalam aplikasi ini, public dapat melihat beberapa fitur seperti rekap paket lelang baik secara bulanan maupun tahunan, daftar agency, dan instansi.