(manadokota.go.id) Ditetapkan sebagai kota paling toleran di Indonesia membuat Kota Manado diincar kabupaten/kota lainnya untuk datang melakukan studi banding. Diantaranya, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara, menyambangi Kota Manado, disambut oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut melalui Pelaksana Tugas (Plt.) Sekda Kota Manado Rum Usulu pada Selasa (03/04) pagi di Ruang Rapat Paripurna DPRD Manado.

“Dalam berbagai kesempatan, Pak Walikota selalu mengajak seluruh warga kota yang berbeda suku, agama, ras dan antar-golongan untuk menjadikan Manado sebagai rumah besar bersama tanpa memandang berbagai perbedaan yang ada. Semuanya diperlakukan sama di Kota Manado,” ujar Sekda Usulu. 

Plt Bupati Banyumas Budi Setiawan mengatakan kedatangan mereka ke Manado untuk menggali informasi tentang kerukunan antar umat beragama yang merupakan daya tarik tersendiri Kota Manado. "Kami ingin tau resepnya, Manado bisa rukun dan aman, setiap pengunjung yang datang ke Kota Manado dapat merasakan dan melihat kerukunan masyarakat di Kota Manado, kita harus ATM! amati, tiru, modifikasi resep kerukunan Manado yang luar biasa," ujar Bupati Banyumas.

Senada dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Chairil Mukmin, yang memuji kualitas keimanan masyarakat Kota Manado. Dirinya berharap kunjungan kerja ini bisa menjadi embrio belajar untuk dibawa pulang ke Sumatra Utara. “Kami ingin belajar bagaimana Manado bisa ditetapkan sebagai kota paling toleran di Indonesia, makanya saya dan beberapa anggota DPRD Kota Tebing Tinggi datang ke Kota Manado,” tukas Mukmin.

Mendampingi Sekda Usulu, Ketua FKUB Kota Manado Pdt Renata Ticonuwu, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Micler CS Lakat, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Hendrik Warokka, Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere, Staf Khusus Walikota Heri Saptono, Kepala Badan Kesbangpol Hanny Solang, Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene serta Kabag Orpad Innov Walelang.

(foto : Bagian Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat)