Promosi tempat tujuan wisata sangat diperlukan oleh daerah-daerah yang memiliki banyak potensi di tanah air. Tentunya upaya kegiatan ini menjadi sangat penting dalam pembangunan sektor pariwisata. Strategi promosi bersama yang dikelola dengan baik dan terintegrasi akan memberikan dampak signifikan terhadap penerimaan asli daerah, dan mendorong proses multiplier perkembangan ekonomi lokal di sekitar daerah tujuan wisata.

Hal ini disampaikan Walikota Manado Dr. G.S. Vicky Lumentut ketika membawakan Sambutan pada Gathering dalam rangka Syukuran Penerbangan Perdana Wings Air dari Manado ke Raja Ampat yang digelar Selasa, 24/01 di Hotel Quality Jalan Piere Tendean Manado. Dalam Gathering yang turut dihadiri oleh Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, S.E, Ketua DPRD Raja Ampat, Kapolres Raja Ampat, bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Raja Ampat. Walikota Lumentut mengemukakan, ia bersama bersama jajaran Pemkot Manado sangat bangga boleh menerima undangan dari Bupati Raja Ampat dalam bentuk Gathering karena akan dimulainya penerbangan perdana Manado ke Raja Ampat oleh Wings Air, Grup Lion Air yang dijadwalkan berlangsung Rabu 25/01. “Bangga dan terima kasih karena kami diundang hadir dalam Gathering ini, terutama mulai besok, kita mulai dekat antara Manado dan Raja Ampat. Bagi kami, Raja Ampat penting, punya daya Tarik sendiri di bidang pariwisata, khususnya karunia Tuhan di laut. Wisata bawah laut yang sangat terkenal. Saya mengingat, Raja Ampat, Wakatobi, Halmahera Utara, Morotai, sering menjadi daya Tarik bagi wisatawan di samping Bunaken. Senang kalau Manado menjadi salah satu daerah yang berhubungan langsung dengan Kabupaten yang dicari banyak orang. Kehadiran Pak Bupati bersama Ibu dan rombongan untuk peresmian dibukanya jalur penerbangan yang setiap hari melayani rute Manado Raja Ampat patut kami apresiasi.”

Orang nomor satu di Manado ini berharap ke depan kiranya hubungan Manado dan Raja Ampat akan semakin ditingkatkan. “Kami sangat terbuka untuk bisa terjalin baik hubungan pemerintahan, tapi juga di dunia usaha. Kalau langit biru dan laut biru, terbang dari Manado ke Raja Ampat atau sebaliknya akan aman. Tidak ada rasa takut dalam perjalanan. Untuk Pak Bupati dan rombongan ketahui, Manado memang sedang mengalami perubahan, karena kami bertekad ingin menjawab tantangan yang diberikan Presiden, untuk Sulawesi Utara, harus masuk keluar dari Manado. Melalui Kebijakan Nasional yang diumumkan Menteri Pariwisata, Manado ditetapkan sebagai Hub International dan Tourism Hub di kawasan Indonesia, khususnya di kawasan Timur dan Utara. Kami usahakan jadi hub tidak saja untuk Manado, tapi juga keterhubungan satu dengan lainnya. Kita tidak bisa lari dan berkembang sendiri. Kita ditopang oleh hinterland, karena masing-masing punya karakter sendiri. Kami tidak akan merasa tersaingi, tapi berkembang bersama,” ujar Walikota.

Walikota Lumentut yang untuk periode kedua menjadi Walikota Manado berpasangan dengan Wakil Walikota Mor Dominus Bastian hingga 2021 menjelaskan kesannya yang sangat baik ketika beberapa kali berada di China daratan baik di Beijing, Shanghai, Beijing, Zhenzhen. “Waktu di Beijing saya sudah diantar ke obyek wisata, lalu tour guidenya bicara tentang Shanghai dan bercerita hal-hal bagus di sana. Jadi dia perkenalkan. Saya berpikir, satu ketika harus ke Shanghai. Waktu dapat kesempatan ke Shanghai, saya akhirnya melihat bagus. Poin yang saya ambil, semua potensi wisata diperkenalkan bersama. Setiap peluang diperkenalkan bersama. Karena pariwisata didorong untuk mendatangkan 20 juta turis bukan pekerjaan yang gampang. Tapi kalau kita berjalan bersama, tentu tidak akan dengan mudah dikerjakan. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey sudah menyampaikan ke Presiden, tahun 2017, 700 ribu sampai 1 juta turis akan didatangkan ke Sulut. Lion Grup juga telah membuat program untuk setiap hari ada minimal 10 – 20 penerbangan Lion Grup untuk akses ke luar negeri. Sudah dimulai, Januari Februari sudah 81 flight penerbangan terprogram ke Manado,” jelas GS Vicky Lumentut.

Gathering dalam rangka Syukuran Penerbangan Perdana Wings Air dari Manado ke Raja Ampat ditandai dengan penandatanganan kerjasama pengembangan Pariwisata oleh Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut dan Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, S.E, dan diakhiri dengan ajakan Walikota Manado agar Bupati Raja Ampat mengunjungi Command Center Cerdas Manado di Kantor Walikota esok, Rabu 25/01.