(manadokota.go.id) Mendahului pelaksanaan Manado Fiesta 1-10 September, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado bekerjasama dengan Universitas Negeri Manado (UNIMA) dan CCI France menggelar simposium terkait pengembangan pariwisata Kota Manado dengan tajuk Manado International Tourism Symposium, di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Kamis (31/08) siang. Acara yang dibuka Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan dimpangi Wakil Walikota Manado Mor D. Bastiaan itu menghadirkan tiga doktor asal Perancis sebagai pembicara yakni Prof DR Phillippe Clerk dengan materi Competitive intelligence in French History and Actual Status, kemudian DR Henri Dou tentang Competitive Territorial Intelligence From Province to sub Region Development of Critical Project juga Pierre Fournier dengan materi Applied Competitive Intelligence in the Field of Tourism, Some Bain Storming Direction for Manado City.

Rektor UNIMA Prof DR Julyeta PA Runtuwene MS DEA membahas mengenai Current Trend and issues of Tourism Development in Manado After the Opening of International Flight, serta Wakil Rektor bidang Kerjasama Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Prof DR Ir Sangkertadi DEA dengan materi Principles of Sustainable Tourism Action Plan for Manado City.

Dalam sambutannya, Walikota Manado mengatakan Pemkot Manado harus bekerja keras untuk menjadikan Kota Manado sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia, karena untuk menjadikan Manado menjadi daerah tujuan wisata masih perlu banyak pembenahan. Untuk itu dalam simposium ini kita akan banyak belajar dan mendapatkan masukan yang berharga dalam mengembangkan pariwisata di Kota Manado. Terkait pelaksanaan Manado Fiesta 2017, Walikota Manado akui jika event pariwisata ini masih baru pertama kali dilaksanakan di Kota Manado. “Kita masih perlu banyak belajar dari daerah lain yang lebih dulu memajukan sektor pariwisata, contohnya Bali. Harapan saya semoga lewat simposium yang menghadirkan tiga guru besar dari Perancis, akan memberikan kontribusi yang besar bagi pariwiaata kita,” kata Walikota.

Peserta simposium terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Akademisi UNIMA dan UNSRAT serta berbagai elemen dan organisasi di Kota Manado.

(humas***)