Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam rangka mengiplementasikan SMART CITY, maka Kementrian Komunikasi dan Informatika bekerjasama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PANRB, Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, dan Kompas Gramedia, menyelenggarakan "Gerakan Menuju 100 Smart City", yang di mulai pada Hari Rabu-Jumat (12-14/12/2018) bertempat di ICE BSD, Jln. BSD Boulevard No.1 BSD City, Pagedangan Tanggerang.

  Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan mempresentasikan Masterplan dan quick wins smartcity kota manado dalam upaya Pengembangan Kota Cerdas yang juga adalah merupakan bagian dari Visi Misi Kota Manado.

Gerakan Menuju 100 Smart City ini ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam ekosistem Smart City. Gerakan dimaksud diselenggarakan secara bertahap dari tahun 2017 hingga tahun 2019 diharapkan adanya seratus (100) Kota/Kabupaten yang dapat dijadikan teladan (Role Model) dalam mengiplementasikan Program Smart City. Menurut data Kementerian Kominfo pada tahun 2017-2018 Tujuh Puluh Lima (75) Kota/Kabupaten telah dipilih dan telah memperoleh pendampingan penyusunan masterpaln serta quick wins smartcity.
Sehubungan dengan pelaksanaan masterpaln serta quick wins smartcity di Lima Puluh (50) Kota/Kabupaten pada tahun 2018, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan evaluasi terhadap masterplan dan quick wins smartcity serta akan memberi Awarding atas pencapain dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. (GK/ES)