(manadokota.go.id) Festival Seni Budaya Bantik yang dirangkai dengan peringatan 64 tahun gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi, berlangsung meriah di lapangan Bantik Malalayang, Selasa (05/09). Kegiatan festival tahunan yang dilaksanakan Lembaga Pemangku Adat Bantik itu, dikolaborasikan dengan even pariwisata Manado Fiesta 2017 yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Manado termasuk didalamnya panggung hiburan Fun Music Festival bertajuk Fun Jazztic.

Dalam sambutannya, Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan Pemkot Manado menaruh perhatian besar terhadap seni budaya masyarakat yang ada di kota ini, termasuk didalamnya seni budaya Anak Suku Bantik. Menurut Walikota, seni dan budaya masyarakat Bantik yang dirangkai dengan peringatan 64 tahun gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi tersebut, memiliki makna yang besar untuk mengobarkan semangat juang pahlawan asal Malalayang itu secara terus menerus. “Warisan semangat juang Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi harus terus dikobarkan dalam kehidupan masyarakat Kota Manado. Semangat untuk membangun kota ini menjadi lebih baik,” kata Walikota.

Terkait pelaksanaan Manado Fiesta 2017 yang dibuka pada tanggal 2 September lalu, Walikota meminta masyarakat Bantik untuk ikut mensukseskan tujuh festival yang digelar. “Kegiatan festival seni budaya Bantik bertepatan dengan pelaksanaan Manado Fiesta. Saya berharap festival seni budaya Bantik ini, tahun depan dan seterusnya merupakan bagian dari Manado Fiesta karena dilaksanakan pada bulan September seperti sekarang ini,” jelas Walikota. Festival seni budaya Bantik dengan menampilkan tarian tradisional masyarakat Bantik seperti tarian Mahambak Bantik dan tarian Kabasaran massal dari semua anak suku Bantik di Sulawesi Utara.

Tampak hadir Gubernur Sulut yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi Sulut DR dr Frits Rotinsulu, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut, Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan SIK, Dandim 1309 Manado Letkol ARM Toar Pioh. Sedangkan pihak keluarga Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi, terlihat oma Marie Mongisidi dan opa Robby Mongisidi yang merupakan kakak dan adik Wolter Mongisidi.

(humas***)