Pemandangan tak lazim tampak menjelang apel perdana Pemerintah Kota Manado. Pada apel perdana yang digelar Senin pertama setiap awal bulan biasanya sirene kendaraan Patroli dan Pengawalan mengiringi kendaraan dinas Pimpinan Apel, baik Walikota maupun Wakil Walikota. Senin 06/08 pagi menjelang pukul 08.00, sama sekali tak kedengaran bunyi sirene. Tepat 5 menit kurang dari pukul delapan, tampak mendekati lapangan Tikala sosok tegap berkaca mata hitam tanpa pengawalan. Sosok bersahaja berseragam kheki itu ternyata orang nomor satu di Manado yang akan memimpin Apel Perdana. Para petugas Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP cukup kelabakan dan sama sekali tak menyangka kalau Walikota Manado menggunakan sepeda dengan berseragam dinas kheki lengkap.


Saat memimpin apel, Walikota Lumentut menjelaskan alasannya menggunakan sepeda ke kantor, "Pagi ini, saya sengaja memilih sepeda sebagai kendaraan menuju kantor. Saya ingin memastikan kondisi jalan raya dan kemacetan di Manado pada pagi hari. Tadi saya start dari Malalayang sekitar pukul 07.15 dan kalau sekarang pukul 08.05, itu berarti perjalanan saya bersepeda memerlukan waktu 45 menit menuju Lapangan Sparta TIkala. Dengan bersepeda, kita dapat memelihara kebugaran tubuh dan kesehatan. Oleh karena itu saya mengajak para ASN untuk mencoba ke kantor menggunakan Sepeda."


Ajakan Ketua Dewan Pembina APEKSI ini ternyata dikecualikan bagi ASN yang tinggal di daerah perbukitan."Kecuali ASN yang tinggal di daerah seperti Teling atau daerah lain yang ba gunung, ba pikir bae-bae kalu mo pake sepeda. Kalau datang, tinggal meluncur enak. Yang susah itu kalau mau pulang. Jangan sampai torang yang sepeda nae akang,"ujarnya sambil bercanda.


Setelah apel ditutup, Walikota melontarkan pertanyaan berhadiah 2 buah sepeda. Pertanyaan tentang tanggal lahir Kota Manado dijawab sigap oleh beberapa peserta apel baik ASN maupun THL. Dari seluruh yang menjawab 2 di antaranya masing-masing satu ASN perempuan dari Kecamatan Tuminting, dan satu ASN perempuan dari Dinas Damkar, menjawab benar, dan sore nanti diminta untuk menjemput sepedanya di Ruang Kerja Walikota. (ES)