(manadokota.go.id) Mengawali kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XII tahun 2017 di Kota Malang, Propinsi Jawa Timur, Pemkot Malang melaksanakan Welcome Dinner, di alun-alun Balai Kota Malang, Selasa (18/07) malam. Jamuan makan malam yang dihadiri 98 walikota anggota APEKSI itu, dijamu Walikota Malang H Moch Anton dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Acara yang dikemas penuh keakraban dan kekeluargaan tersebut, diisi dengan pagelaran seni dan budaya dari Pemkot Malang. Tampak hadir Ketua Dewan Pengawas APEKSI DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, yang juga Walikota Manado didampingi istri Prof DR Juleyta PA Runtuwene, bersama Ketua APEKSI Airin Rachmi Diany SH MKn MH serta Walikota se Indonesia lainnya.

Walikota Malang HM Anton mengatakan ada beberapa alasan ditetapkannya Kota Malang sebagai tempat pelaksanaan Rakernas APEKSI tahun 2017. Alasan itu antara lain, kesiapan daerah, kemudahan aksesibilitas daerah, juga kesiapan akomodasi tempat menginap. Selain itu menurut Walikota Malang, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari Kota Malang oleh kota-kota lain di Indonesia. “Kota Malang memiliki sejumlah inovasi yang ilmunya bisa dibagi. Tentu kami bisa saling berbagi dan yang terpenting inovasi itu datang dari bawah, dari warga langsung,” ujarnya.

Secara terpisah, Walikota Manado disela-sela hajatan malam keakraban tersebut tak lupa ikut mempromosikan event akbar yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 10 September 2017 nanti yakni Manado Fiesta 2017. Walikota Manado yang adalah mantan Ketua Apeksi periode 2011-2016 tersebut ikut mengundang dan mengajak rekan-rekan Walikota se Indonesia untuk bisa hadir di Manado Fiesta 2017. Acara welcome dinner peserta Apeksi, merupakan moment saling tegur sapa sesama Walikota. Sehingga pada kesempatan itu Walikota Manado mengundang dan mengajak Pemerintah Kota atau rekan walikota lainnya, agar bisa dating dan ikut meramaikan event Manado Fiesta bulan September mendatang.

Kegiatan Rakernas APEKSI merupakan ajang para Walikota saling berbagi pengalaman dalam mengelola pemerintahan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

(humas***)